Louis Van Gaal: Bahasa Faktor Krusial Buat Pep Guardiola

Kemampuan berbahasa Jerman akan menjadi modal luar biasa penting buat Pep Guardiola dalam upaya menggapai sukses bersama Bayern Munich, demikian nilai Louis van Gaal.

Kendala bahasa memang bisa menyulitkan seorang pelatih luar negeri untuk menyampaikan strategi yang diinginkan kepada para pemainnya.

Namun, setidaknya dalam konferensi pers perdananya sebagai bos The Bavarians, Guardiola
menunjukkan ia telah cukup mahir mempergunakan bahasa setempat.

"Bahasa adalah faktor krusial untuk Guardiola," kata Van Gaal, arsitek timnas Belanda yang pernah menukangi Bayern dan sempat pula menangani Guardiola semasa masih merumput bersama Barcelona, kepada Algemeen Dagblad.

"Jerman adalah bahasa yang sulit untuk orang-orang Spanyol, seperti halnya bahasa Spanyol untuk orang Belanda."

"Saya membandingkan kiprahnya bersama Munich dengan periode saya di Barcelona. Yang saya katakan di awal-awal kepada para pemain adalah: 'Koreksi saya jika saya mengatakan hal yang salah'."

"Kemudian orang-orang yang bertipe sosial dalam tim akan membantu Anda agar Anda mendapatkan koneksi lebih cepat [dengan skuat]. Para pemain Jerman rata-rata seperti itu, jadi itu akan membantu."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...